Dua tahun terakhir aplikasi web progresif (PWA) telah menjadi sangat populer di kalangan pengembang atau pemilik situs web. Bagaimana bisa? PWA menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan situs web biasa pada umumnya. Setelah meluncurkan PWA cukup membuat pengembang penasaran. Karena banyak kelebihan yang ditawarkan. Sebelum melangkah lebih jauh, apa sebenarnya aplikasi web progresif?

Aplikasi web progresif atau dikenal sebagai PWA adalah kombinasi dari situs web dan aplikasi seluler yang memungkinkan kita untuk mengakses situs web jasa backlink pbn dengan tampilan seperti aplikasi pada umumnya. Dengan akses yang lebih cepat tanpa harus menginstal aplikasi melalui penyedianya. Ini sangat berguna terutama untuk teman-teman yang ponsel cerdasnya memiliki penyimpanan terbatas untuk menginstal aplikasi. Dengan PWA, Anda tidak perlu banyak penyimpanan untuk menggunakannya.

pwa adalah

Mengapa PWA?

Saat mengakses situs web, biasanya kita membutuhkan sekitar 2-3 detik, bahkan banyak situs web yang membutuhkan akses> 5 detik untuk menampilkan seluruh konten. Dengan menggunakan PWA, akses ke situs web Anda akan lebih cepat jika dibandingkan dengan situs web biasa. Karena teknologi PWA memungkinkan kita untuk mengakses situs web lebih cepat dan lebih lancar, bahkan tanpa jeda, sekalipun koneksi minimal atau terputus. Yang penting Anda sudah mengakses situs web sebelumnya. Karena PWA menyimpan cache, akses ke situs web lebih cepat dan lebih ringan ketika internet sedang down.

Keunggulan PWA

Mengenai keunggulan, PWA memiliki banyak keunggulan yang sangat berguna bagi penggunanya. Adalah sebagai berikut:

  1. Akses lebih cepat

Teknologi PWA membuat akses ke situs web Anda lebih cepat, bahkan jika internet tidak cukup baik.

  1. Pemberitahuan push

Seperti notifikasi dari suatu aplikasi, PWA juga dapat menampilkan notifikasi secara langsung.

  1. Aman

Sistem PWA hanya mendukung HTTPS, atau hanya dengan koneksi SSL, tanpa koneksi SSL, PWA tidak dapat bekerja. Sehingga membuat PWA lebih aman.

  1. Kompatibel dengan semua perangkat

PWA lebih fokus pada tampilan seluler, namun PWA juga kompatibel dengan semua perangkat seperti tablet dan desktop.

  1. Tanpa perlu menginstal aplikasi

Dengan teknologi PWA, Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi melalui Playstore atau penyedia aplikasi lainnya. Anda hanya perlu menambahkan PWA ke layar utama smartphone. Lebih detail dibahas di bawah ini

Tips Menggunakan PWA di Android

Pada masa-masa awal, saya masih ingat, jalantikus adalah salah satu situs web pertama yang menggunakan pwa di Indonesia. Selain itu, di Indonesia ada juga banyak situs web yang menggunakan PWA, rata-rata mereka adalah situs web besar. Salah satu contoh yang akan saya praktikkan di sini adalah menggunakan versi mobile situs web Twitter. Mari kita coba di masing-masing android:

pwa tutorial

  1. Buka browser

Akses browser Anda, saya di sini menggunakan Google Chrome, karena browser ini adalah dukungan yang paling umum digunakan dan terbukti untuk PWA. Silakan masukkan alamat Twitter.com di kolom url browser. Ini akan secara otomatis mengarah ke mobile.twitter.com/home. Pastikan Anda belum menginstal aplikasi Twitter di Play Store, ini dilakukan untuk mencegah crash.

  1. Tambahkan ke layar utama

Setelah masuk ke Twitter, pemberitahuan “Tambahkan Twitter ke Layar Beranda” biasanya akan muncul secara otomatis. Namun, dalam beberapa kasus pemberitahuan ini juga mungkin tidak muncul. Jika ini terjadi, Anda dapat menekan add to homescreen pada menu Google Chrome. Fungsi add to home screen seperti proses instalasi aplikasi di PlayStore, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat untuk proses ini. Silakan klik Tambahkan ke layar beranda. Dan tunggu prosesnya sampai ada aplikasi Twitter yang terinstal di rumah Android Anda, proses ini biasanya memakan waktu <1 menit.

  1. Penampilan pertama aplikasi PWA

Setelah muncul di halaman utama ponsel cerdas Anda, sekarang Anda dapat mencobanya, seperti penjelasan sebelumnya, bahwa situs web yang menggunakan aplikasi web progresif akan menampilkan situs web jasa backlink seperti aplikasi yang kami instal melalui Playstore.