Hari ini kita akan membahas “Apakah bisnis menjalankan Anda atau Anda menjalankan bisnis”. Ini ada sebuah statistik yang saya mau share. 96% dari bisnis tutup dalam waktu 10 tahun. Tutup. artinya bangkrut, artinya ownernya belum bisa untuk gained a job somewhere. ya, dan mungkin Anda salah satu owner yang sedang tertarik dengan pembahasan ini. Mungkin di benak pikiran Anda juga “oh, iya ya kok cape sekali di bisnis ini”. Nah, itu adalah reason pertama, kenapa orang menutup bisnisnya setelah 10 tahun. Karena dia capek, capek sekali untuk melakukan semuanya dari keringet dia sendiri kayaknya tidak ada sinergi di dalam timnya lama-lama dia berpikir “kenapa saya nggak jadi karyawan aja” mungkin dengan kualifikasi saya, salary saya sudah melebihi profit yang saya dapatkan setiap bulan dari bisnis.

Cara menjalankan bisnis autopilot

cara membuat bisnis autopilot

So, bagaimana caranya bisnis ini justru bukannya mencapekkan tapi,  benar-benar mencapai sebuah hasil. Ya, coba kita lihat faktor bisnis yang bikin capek. Biasanya, di bisnis yang masih kacau masih capek, di mana business ownernya sudah kehilangan gairah di dalam bisnisnya, apa yang terjadi? satu, timnya masih sangat pesuruh. Kalau Anda tidak ada di kantor mereka tidak tahu mau kemana atau kadang-kadang mereka juga tidak cukup strategis. Jadi semua harus keluar dari pikiran Anda kedua, profit masih turun naik. Jadi, belum ada cara membuat profit lebih sustainable dan profitable.

Ketiga, Anda sendiri sebagai owner bekerja on weekends, bekerja sampai malem dan keempat mungkin Anda sudah mulai juga capek dan kehilangan gairah di bisnis ini. So, amati apa yang terjadi bila bisnis Anda bisa diajarin bagaimana caranya untuk menjadi bisnis yang otomotis jalan tanpa kehadiran anda yang mana mendapatkan sinergi dan mendapatkan sustainable profit biarpun Anda nggak ada di situ. Dan apa yang saya akan sharing kan di sini adalah berdasarkan sebuah sistem yang terbukti. Tapi, kalau kita lihat seperti yang tadi bisnisnya kacau. Tapi sekarang bisnisnya sudah growing, apa ciri khasnya? kita lihat di sini ciri khasnya adalah employeesnya 100% participation ide datang dari bawah, delegasipun datang dari bawah. Kita lihat ownersnya hanya berpikir secara strategis, dan kedepan visioner dan biasanya, ownersnya itu punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis-bisnis yang berbeda. Kita juga lihat ada perencanaan bisnis yang lebih terstruktur dan itu semua juga involve.

membuat bisnis autopilot

Bukan hanya ownernya aja, tapi mungkin sudah ada juga middle managernya. Juga yang involve dalam merencanakan bisnisnya Kita liat juga dari sisi sustainable profit . Anda bisa menciptakan sebuah profit dan cash flow, bukan hanya yang sustainable , tapi creditable bukan kalo semua turun, kita ikut turun. Semua naik, kita ikut naik. bukan ikutin trend. You have be able to achieve a profitable sustainable cash flow dan yang tentunya everybody’s happy, klien happy, employee happy, owners happy, dan dengan demikian Anda memiliki gairah bisnis. Anda punya passion untuk membuat bisnis-bisnis lain. Ini quote dari Jim rohn yang saya suka sekali “Never wish your life is easy” wish that will better. Apakah Anda mau bisnis yang seperti itu? Apakah mungkin bisnis Anda nggak separah yang tadi. Tapi, adakah celah-celah di mana Anda mau lebih memperbaiki lagi? never wish your business is easy. Jangan harap bisnis semakin gampang. Tapi, apa yang harus Anda ubah dari diri Anda sendiri, cara Anda menjalankan bisnis. Apa pelajaran baru yang harus Anda dapatkan supaya bisnis Anda semakin mudah.

Itulah pembahasan mengenai Tips Menjalankan Bisnis Autopilot. Semoga bermanfaat ya